178 বার দেখা হয়েছে বার পড়া হয়েছে
মন্তব্য ০ টি

Cara menurunkan kolesterol

Cara menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membangun dan memperbaiki sel dan membuat hormon. Hati Anda membuat kolesterol, dan beberapa makanan mengandungnya.

Ada berbagai jenis kolesterol, dan masing-masing diberi nama berdasarkan protein berbeda yang membawa kolesterol dalam darah. Kuncinya adalah:

Kolesterol LDL (kolesterol lipoprotein densitas rendah) — dikenal sebagai kolesterol ‘jahat’
Kolesterol HDL (kolesterol lipoprotein densitas tinggi) — dikenal sebagai kolesterol ‘baik’
Kolesterol tinggi adalah umum di antara orang Australia – 1 dari 3 orang dewasa memiliki kolesterol tinggi. Seiring waktu, memiliki terlalu banyak kolesterol ‘jahat’ menyebabkan timbunan lemak yang disebut plak terbentuk di dinding arteri. Hal ini menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri, yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Membuat perubahan gaya hidup – dan terkadang, minum obat – dapat menurunkan kadar kolesterol seseorang.

Banyak orang Australia tidak tahu bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi, karena tidak ada gejala. Kolesterol tinggi hanya bisa dideteksi melalui tes darah.

Beberapa orang memiliki kondisi yang disebut hiperkolesterolemia familial – di mana masalah genetik menyebabkan kolesterol tinggi. Sekitar satu dari 500 orang Australia memiliki online game kondisi ini dan banyak yang tidak tahu bahwa mereka memilikinya. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung di usia muda, tanyakan kepada dokter Anda tentang risiko Anda.

Kolesterol diukur menggunakan tes darah yang disebut ‘profil lipid’. Ini mengukur kolesterol total, kolesterol HDL dan kolesterol LDL, serta trigliserida – jenis lemak lain dalam darah. Biasanya Anda akan diminta untuk berpuasa (tidak makan apa-apa) dan hanya minum air putih sekitar 10 jam sebelum tes.

Orang dewasa harus mengukur lipid darahnya setiap 5 tahun, dimulai pada usia 45 tahun. Orang Aborigin dan Penduduk Kepulauan Selat Torres harus memulai tes darah lipid pada usia 35, karena rata-rata penyakit jantung dan pembuluh darah — seperti serangan jantung dan stroke — terjadi 10 hingga 20 tahun lebih awal pada orang Pribumi.

Semua warga Australia dalam kelompok usia ini memenuhi syarat untuk pemeriksaan kesehatan jantung rutin selama 20 menit dengan dokter mereka. Ini memeriksa tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah Anda. Dokter Anda kemudian dapat menilai risiko Anda mengalami serangan jantung atau stroke dalam 5 tahun ke depan.

[Sassy_Social_Share total_shares="ON"]